Jumat, 11 Januari 2013

Bunga Melati

Melati

Jasminum sambac 'Grand Duke of Tuscany'


Jasminum ( / dʒ æ z m ɨ n əm / ), umumnya dikenal sebagai melati, adalah genus dari semak dan tanaman merambat dalam keluarga zaitun ( Oleaceae ). Ini berisi sekitar 200 spesies asli daerah beriklim tropis dan hangat Dunia Lama . Jasmines secara luas dibudidayakan untuk aroma karakteristik bunga mereka.

Jasmines dapat berupa gugur (daun jatuh di musim gugur) atau evergreen (hijau sepanjang tahun), dan dapat tegak, menyebar, atau mendaki semak dan tanaman merambat . Daun mereka ditanggung berlawanan atau alternatif. Mereka dapat sederhana, trifoliate, atau menyirip. Bunganya biasanya sekitar 2,5 cm (0,98 in) dengan diameter. Mereka adalah putih atau kuning dalam warna, meskipun dalam kasus yang jarang mereka dapat menjadi sedikit kemerahan. Bunga-bunga yang ditanggung cymose cluster dengan minimal tiga bunga, meskipun mereka juga dapat menyendiri di ujung branchlets. Setiap bunga memiliki sekitar 4-9 kelopak , dua locules , dan 1-4 ovula . Mereka memiliki dua benang sari dengan filamen yang sangat singkat. Para bracts yang linear atau ovate. The kelopak berbentuk lonceng. Mereka biasanya sangat harum. Buah dari melati adalah buah yang berubah menjadi hitam saat matang.

Dasar kromosom jumlah genus adalah 13, dan sebagian besar spesies yang diploid (2n = 26). Namun, alam poliploidi ada, khususnya di Jasminum sambac (2n = 39), Jasminum flexile (2n = 52), Jasminum primulinum (2n = 39), dan Jasminum angustifolium (2n = 52).


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar