Rabu, 02 Januari 2013

Cara Pangkas Mawar

Pemangkasan adalah lebih dari sekedar terlihat, pemangkasan meningkatkan kesehatan Anda mawar, mencegah penyakit dan mendorong berbunga yang lebih baik. Ada strategi pemangkasan yang berbeda untuk waktu yang berbeda sepanjang tahun, tapi secara keseluruhan tujuannya adalah selalu sama, untuk menjaga semak segar dan terbuka, untuk memungkinkan sirkulasi udara yang lebih baik melalui pusat tanaman. Pergerakan udara mengering daun, yang membantu mencegah penyakit daun dari menyerang mawar Anda. Penyakit jamur seperti bercak hitam dan embun tepung jauh lebih umum pada tanaman dengan pertumbuhan padat di tengah tanaman. Pemangkasan juga membuat semak mawar secara proporsional ke seluruh taman Anda.

Pemangkasan Umum Pedoman

Apakah Anda deadheading mekar selama musim panas atau melakukan pengurangan semi tahunan Anda, penting untuk mempertimbangkan bagaimana mawar tumbuh. Dengan kata lain, bagaimana Anda memotong selalu sama. Pemangkasan pemotongan harus selalu dilakukan tepat di atas mata tunas. "Mata Bud" mengacu pada daerah di mana batang percabangan terjadi, pada mawar, selalu ada tunas aktif di mana daun menempel pada batang. Pada musim panas, itu benar-benar mudah untuk mencari tahu di mana untuk memangkas - hanya dipotong tepat di atas satu set daun dewasa. Anda harus melihat sedikit lebih keras untuk menemukan mata tunas pada tongkat aktif atau lebih, mereka berada tepat di atas bekas luka berbentuk bulan sabit daun di sepanjang batang.
Laten bud atau "mata tunas" dan Scar Daun
Contoh Bud Laten atau "Eye Bud"
Daun dan Scar

Contoh Swell Bud
Daun dan Scar
Apa yang menarik tentang mawar adalah kesediaan mereka untuk memecahkan tunas pada kayu tua. Tidak semua semak memiliki kemampuan ini. Junipers, misalnya, terkenal buruk tentang membalik keluar pada batang tua, mengurangi terlalu jauh, dan Anda melihat ke pusat mati semak-semak. Roses, di sisi lain, sangat mampu mengirimkan tunas baru dari cabang tua, bahkan jika mereka adalah ukuran dari batang pohon! Ini adalah berita bagus untuk tukang kebun pemula, untuk itu hampir mustahil untuk membunuh mawar oleh lebih-pemangkasan. Hal ini juga berarti Anda dapat meremajakan pohon yang sudah tua dengan memotong mereka hampir sampai ke tanah.
Tunas laten tetap layak pada kayu tua
Tunas laten tetap layak pada kayu tua
(Meskipun mereka lebih sulit untuk melihat)
Contoh bud laten atau "mata tunas"

dan daun bekas luka

Pertumbuhan baru akan dipaksa bahkan jika dipotong pemangkasan parah (3 "diameter)
Sekarang bahwa Anda menyadari di mana mata tunas yang terletak di batang, membuat pemangkasan dipotong pada mawar relatif mudah. Membuat potongan miring tepat di atas mata tunas ke luar menghadap. Pemotongan pada miring membantu air run off dari luka, yang mencegah air menggenang di ujung tongkat serta menjadi lebih estetis menarik. Setelah Anda membuat cut pemangkasan Anda, mawar akan mengarahkan pertumbuhan menjadi kuncup terdekat, dan mengirimkan menembak terminal baru. Anda memilih mata menghadap ke luar bud untuk memastikan ini pertumbuhan baru diarahkan jauh dari pusat tanaman (memperbaiki sirkulasi udara seperti yang disebutkan sebelumnya). Hal ini umumnya tidak diperlukan untuk menempatkan sesuatu pada luka pemangkasan. Anda mungkin berlaku Elmer Lem-Seluruh dipotong jika mawar tebu penggerek adalah masalah hama di daerah Anda.
Dasar Rose Cut Pemangkasan
Dasar Pemangkasan - cut siku 1/4 "di atas
luar menghadapi mata tunas
Selesai Rose Cut Pemangkasan
Selesai pemangkasan cut

Pemangkasan untuk Rose Kesehatan

Dasar pemangkasan mawar melibatkan 3 D's: menghapus cabang Mati, Rusak atau yang sakit. Dieback adalah umum di mawar dan paling sering terjadi ketika dipotong pemangkasan telah dilakukan di tengah-tengah cabang sebagai lawan di mata tunas. Karena mawar ingin mengarahkan pertumbuhan ke bud terminal, setiap bagian dari cabang kiri antara memotong pemangkasan dan mata tunas selanjutnya akan mati kembali. Kadang-kadang mata tunas terdekat adalah tidak layak, di mana dieback kasus akan terjadi jauh di bawah batang ke tunas sehat berikutnya. Kayu mati biasanya berwarna coklat, tetapi juga mungkin kehitaman jika disebabkan oleh kerusakan atau cedera musim dingin beku.
Contoh mati bangkit kayu dan jaringan nekrotik memajukan bawah batang mawar
Contoh mati bangkit kayu dan jaringan nekrotik memajukan bawah batang mawar
Contoh kerusakan musim dingin membekukan
Contoh kerusakan musim dingin membekukan
Sebagai bagian dari sistem pertahanan alami, mawar akan mencoba untuk dieback karantina dan membuat break point yang jelas antara jaringan sehat dan jaringan mati. Namun, tergantung pada penyebab kerusakan, mungkin ada terdepan sekarat jaringan maju ke batang. Untuk alasan ini, itu selalu merupakan ide yang baik untuk memangkas kayu mati keluar, tidak peduli apa waktu tahun itu. Lihatlah warna batang untuk melihat apakah Anda telah mengurangi cukup jauh, jaringan mati sering meluas jauh di tengah-tengah batang. Cabang yang sehat akan berwarna hijau atau cahaya putih murni dalam penampang. Setiap warna menunjukkan jaringan sekarat dan harus dipotong.
Pemangkasan keluar kayu mati di bawah jaringan nekrotik
Pemangkasan keluar kayu mati di bawah jaringan nekrotik
Perubahan warna yang terdepan jaringan nekrotik. Membuat pemangkasan kedua dipotong rendah pada batang.
Perubahan warna yang terdepan jaringan nekrotik. Membuat pemangkasan kedua dipotong rendah pada batang.
Kayu sehat adalah putih di cross-section.
Kayu yang rusak atau sakit juga mudah untuk menemukan, dan sering bergandengan tangan sebagai daerah yang rusak menciptakan peluang masuk bagi penyakit. Dalam mawar, kawasan yang rusak yang umum pada cabang persimpangan, di mana gerakan dari angin menyebabkan duri untuk bergesekan tongkat yang berdekatan. Kerusakan Angin juga dapat terjadi selama musim tanam utama ketika top-berat cabang sarat dengan mekar patah setengah selama cuaca badai. Cabang-cabang sakit biasanya melibatkan beberapa jenis kanker batang, atau lesi dari penyakit jamur seperti bercak hitam atau penyakit bulai, dan harus dihapus segera untuk mencegah patogen dari penyebaran.
Kerusakan memberikan tongkat masuk bagi patogen
Kerusakan memberikan tongkat masuk bagi patogen
dan serangga serangan (bercak hitam dan musim dingin embun tepung lebih dari pada lesi).
Blossom-berat batang patah di setengah oleh angin
Blossom-berat batang patah di setengah oleh angin
(Cedera umum untuk besar bunga pendaki)
Pemangkasan keluar tongkat yang sakit.
Pemangkasan keluar tongkat yang sakit.
Sekali lagi, tujuan keseluruhan dengan pemangkasan mawar adalah untuk membuka pusat semak-semak untuk memungkinkan sirkulasi udara yang lebih baik dan menghapus kayu tua. Mempertahankan, tanaman muda bersih mawar adalah cara terbaik untuk menjaga mawar Anda sehat dan produktif.
BAD - Terlalu padat di pusat tanaman
BAD - Terlalu padat di pusat tanaman
BAIK - pusat terbuka memungkinkan udara untuk mengedarkan
BAIK - pusat terbuka memungkinkan udara untuk mengedarkan

Musiman Rose Pemangkasan

Ada perbedaan pendapat tentang kapan untuk memangkas mawar. Beberapa orang ingin untuk memangkas di musim gugur, beberapa di musim semi. Heirloom mengatakan: baik (dengan pengecualian sekali mekar mawar, yang harus dipangkas sekali hanya setelah berbunga - lihat bagian "Situasi Khusus"). Selain itu, perawatan tanaman Anda selama musim panas akan menghadirkan mawar lebih menarik semak. Mari kita lihat lebih dekat pada sasaran pemangkasan untuk setiap musim ...

Kejatuhan

Dalam Kejatuhan: pangkas untuk mencegah kerusakan angin, mencambuk dan jaringan parut oleh tongkat panjang. Amati mawar Anda pada hari yang berangin untuk mengukur area masalah potensial. Sebagai aturan umum, Anda harus memangkas semua tongkat tipis dari sebuah pensil dengan diameter pada teh hibrida, mawar semak dan pendaki. Ini tongkat tipis cenderung cambuk di dalam angin dan akan bekas tetangga mereka. Anda juga harus menghapus setiap cabang persimpangan yang bersalah saat ini untuk alasan yang sama.
Pangkas cabang-cabang persimpangan
Pangkas cabang-cabang persimpangan
Pangkas semua cabang yang lebih kecil
Pangkas semua cabang yang lebih kecil
daripada pensil dengan diameter
Taller tongkat aman terikat untuk mendukung
Taller tongkat aman terikat untuk mendukung
pada pendakian musim dingin-dipangkas meningkat.
Pemangkasan tongkat panjang akan mencegah kemungkinan akar yang kendur akibat angin kencang atau freeze / thaw siklus. Angin juga menarik kelembaban dari tanaman, sehingga mengurangi volume keseluruhan tanaman sangat membantu. Mempersingkat semua tongkat setinggi dada sebagai ukuran perlindungan musim dingin. Memangkas semua pendaki yang besar kembali ke tempat mereka dapat aman terikat pada struktur dukungan mereka.
Sejauh waktu berjalan, cobalah untuk memangkas cukup terlambat ke musim Anda tumbuh di mana pemangkasan tidak akan mendorong banyak pertumbuhan tender baru yang akan terpengaruh oleh pembekuan awal. Dalam NW Pasifik, akhir Oktober atau awal November biasanya waktu yang optimal. Berhati-hatilah untuk tidak over-prune di musim gugur, pedoman umum adalah untuk mengurangi ketinggian keseluruhan tanaman dengan 1/3 dan tipis pusat keluar sedikit untuk mengakomodasi hembusan angin kuat.
Pemangkasan Tujuan: Meningkatkan Sirkulasi Udara, Deadhead untuk Rebloom, Shape / Pemeliharaan, Hapus Canes Old, Batang Crossing, Kayu lemah dan Bursa Akar Mati, Rusak atau yang sakit
Pemangkasan Tujuan: Meningkatkan Sirkulasi Udara, Deadhead untuk Rebloom, Shape / Pemeliharaan, Hapus Canes Old, Batang Crossing, Kayu lemah dan Bursa Akar Mati, Rusak atau yang sakit
Jatuh Pemangkasan: tipis dan menghapus melintasi tongkat untuk mencegah kerusakan angin. Mengurangi tinggi keseluruhan oleh 1/3 untuk mencegah mengangkat akar. Bersihkan kotoran dari dasar tanaman untuk mengurangi penyakit.
Jatuh Pemangkasan: tipis dan menghapus melintasi tongkat untuk mencegah kerusakan angin. Mengurangi tinggi keseluruhan oleh 1/3 untuk mencegah mengangkat akar. Bersihkan kotoran dari dasar tanaman untuk mengurangi penyakit.

Spring

Dalam Spring: meremajakan mawar Anda dengan pemangkasan tahunan keras. Pemangkasan dilakukan untuk membentuk Anda semak, membersihkan kayu mati dan usang, lemah, menghabiskan tongkat. Ini adalah kesempatan utama Anda untuk memperbaiki masalah dengan bentuk keseluruhan atau mengurangi ketinggian mawar yang tumbuh melampaui ruang mereka. Kebanyakan mawar mekar pada kayu baru, dan cenderung memiliki mekar berkurang pada tongkat tua. Biarkan "Rule of Thumb" menjadi panduan Anda - pertumbuhan baru tentang diameter ibu jari Anda membuat tongkat terbaik. Jika cabang lebih besar dari loppers biasa Anda dapat mengatasi (1-1/2 "atau lebih besar), mungkin harus dihapus.
Untuk sebagian semak-semak mawar, meninggalkan 6-8 kuat, tongkat yang sehat sangat ideal untuk menghasilkan tanaman lengkap dan indah tanpa berdesak-desakan. Floribundas atau mawar semak cenderung memiliki lebih banyak cabang oleh alam, sehingga Anda mungkin ingin meninggalkan tongkat lebih lanjut tentang jenis-jenis mawar. Bagi kebanyakan mawar, pemangkasan musim semi harus mengurangi ketinggian keseluruhan dari semak-semak untuk 18-24 "Semakin pendek Anda memangkas -. Mekar sedikit Anda akan memiliki, tetapi umumnya ini mekar akan lebih besar Meninggalkan tongkat lebih tinggi akan menghasilkan mekar lebih kecil dalam kelimpahan lebih. Hapus semua tongkat mati, rusak, dan sakit, cabang persimpangan, dan tipis sehingga semak-semak terbuka dan siap untuk mengakomodasi pertumbuhan baru..
Pemangkasan musim semi benar-benar tergantung pada cuaca. Kebanyakan orang di NW Pacific memangkas mawar mereka baik dalam akhir Februari atau awal Maret. California petani biasanya "musim semi Pangkas" pada bulan Januari. Pelanggan Midwest mungkin harus menunggu sampai awal Mei. Mengawasi tanaman Anda dan suhu, waktu pemangkasan Anda seperti pertumbuhan baru dimulai. Biasanya Anda tidak ingin untuk memangkas jika masih ada kesempatan dari es keras, yang akan merusak pertumbuhan baru lembut. Jika pertumbuhan baru rusak oleh suhu di bawah 25 derajat, Anda mungkin harus kembali memangkas pendek tapi ini seharusnya tidak terjadi sangat sering.
Pemangkasan Tujuan: Meningkatkan Sirkulasi Udara, Deadhead untuk Rebloom, Shape / Pemeliharaan, Hapus Canes Old, Batang Crossing, Kayu lemah dan Bursa Akar Mati, Rusak atau yang sakit
Musim Semi Rose Pemangkasan: Hapus semua kayu mati / sakit, Pensiun kayu tua untuk memperkuat tanaman, Pilih 6-8 tongkat terkuat untuk pertumbuhan musim baru, Mengurangi tinggi secara keseluruhan untuk 18-24 "
Jatuh Pemangkasan: tipis dan menghapus melintasi tongkat untuk mencegah kerusakan angin. Mengurangi tinggi keseluruhan oleh 1/3 untuk mencegah mengangkat akar. Bersihkan kotoran dari dasar tanaman untuk mengurangi penyakit.
Semi Pemangkasan: menghapus interior dan cabang persimpangan untuk meningkatkan sirkulasi udara yang baik melalui pusat semak mawar

Musim panas

Di musim panas: deadheading (menghapus mekar menghabiskan waktu) akan mencegah pembentukan biji pinggul dan karena itu mendorong mekar baru serta menjaga semak menarik. Lepaskan mekar dihabiskan dan membuat pemangkasan Anda memotong tongkat tepat di atas sebuah set menghadap ke luar selebaran matang. Selebaran dewasa biasanya 5-7 jumlahnya, selebaran dewasa hanya memiliki 3 daun. Jika Anda memangkas kembali hanya 3 daun, Anda tidak akan mendapatkan pertumbuhan baru atau rebloom.
Floribunda atau musk hybrid mawar yang mekar di cluster menyajikan beberapa tantangan yang unik, bunga-bunga individu harus deadheaded karena mereka memudar, maka truss seluruh dipangkas kembali ke selebaran matang setelah semua bunga telah mekar. Perlu diingat bahwa deadheading menghapus semua pinggul yang akan membentuk nanti. Anda mungkin tidak ingin untuk memangkas sekali bloomers sampai setelah tampilan pinggul mereka karena alasan ini. Bloomers ulangi beberapa, seperti Rugosa Roses, menghasilkan pinggul dan mekar pada waktu yang sama. Ini tampilan yang menarik mungkin menarik bagi Anda dan Anda mungkin tidak ingin Deadhead mereka. Bloomers Ulangi dapat deadheaded sampai Agustus atau lebih, dan kemudian dibiarkan untuk mengembangkan pinggul setelah tampilan bunga terakhir mereka.
Grooming musim panas lainnya termasuk pemangkasan untuk pemeliharaan (untuk menjaga semak yang lebih besar dalam batas-batas, atau untuk menjaga mawar dari batas ke jalan, misalnya), pemangkasan untuk bentuk keseluruhan untuk menjaga semak tampak seimbang, dan untuk menghilangkan koneksi bercabang miskin. Anda juga mungkin ingin menghapus tunas dibatalkan yang telah gagal untuk membuka karena hujan. Selalu ingat untuk membuat pemotongan pemangkasan bersih dengan pisau tajam dan berkala disinfeksi pemangkas antara pemotongan jika Anda menghapus cabang-cabang sakit.
Prune untuk Shape
Prune untuk Shape
(Menghilangkan pola percabangan miskin)
Ingat bahwa besar mekar mawar varietas tebu membutuhkan lebih kuat untuk mendukung berat bunga. Jika Anda tidak memangkas kembali cukup jauh di batang, pertumbuhan baru akan terlalu lemah untuk mendukung mekar, dan Anda akan berakhir dengan tongkat bengkok yang bunga adalah melihat tanah. Alih-alih pemangkasan kembali ke selebaran matang pertama, Anda dapat memotong jauh di bawah batang untuk memaksa pertumbuhan baru kokoh. Jangan memangkas keluar tebu keseluruhan, namun, itu adalah praktik yang baik untuk meninggalkan setidaknya (2) selebaran jatuh tempo pada batang ketika deadheading.

Situasi Khusus

Sekali-Blooming Roses: Roses Taman Old yang mekar hanya sekali setahun menghasilkan bunga pada kayu tua. Ini adalah pertumbuhan yang muncul tahun sebelumnya untuk setiap mekar menghasilkan. Sekali-bloomers hanya boleh dipangkas segera setelah selesai berbunga (umumnya sekitar pertengahan Juli). Jika Anda memangkas di musim semi, Anda akan kehilangan semua mekar tahun itu. Roses Taman tua dapat dipangkas sampai 15 inci setiap tahun tanpa kerusakan. Hal ini membuat semak-semak besar dalam batas-batas dan memberikan membentuk. Jika Anda tidak keberatan ukuran semak, maka hanya memangkas untuk tongkat mati, rusak dan sakit atau pertumbuhan lainnya yang tidak diinginkan untuk Anda.
Hedge Roses: Anda akan memangkas berbeda jika Anda ingin efek lindung nilai daripada jika Anda membentuk semak individu. Untuk pagar, semak-semak Anda akan ditanam dekat bersama-sama daripada biasanya dan harus diperlakukan sebagai satu unit. Pemangkasan untuk pertumbuhan produksi bahkan.
Roses di Pot: dipangkas dalam banyak cara yang sama seperti orang-orang di tanah. Umumnya pot di teras atau dekat jalur. Menjaga semak dipangkas sehingga tidak menjangkau dan ambil yang lewat adalah praktik yang baik!
Roses yang menjajah: menghasilkan pertumbuhan baru dari akar dan menyebar untuk menutupi area yang luas. Beberapa Gallicas dan Centifolias beberapa akan melakukan hal ini. Alih-alih pemangkasan pada tingkat tanah, hanya menggunakan sekop dan menggali pertumbuhan ekstra. Ini adalah mawar Anda dapat memberikan teman-teman Anda atau tanaman di lokasi baru taman Anda sendiri. Ini adalah berapa banyak mawar yang diangkut dari satu bagian dari negara lain pada hari-hari awal kereta wagon. 'Kuning Harison' s 'adalah salah satu contohnya.
Groundcover Roses: cenderung tumbuh lebih luas daripada yang mereka lakukan tinggi. Jika Anda groundcover mawar yang tumbuh melampaui ruangnya, menahan godaan untuk memotong ujung-ujung cabang-cabang yang lebih rendah. Ini mawar tidak boleh dipangkas dalam bentuk vas, seperti yang akan mengarahkan pertumbuhan mereka atas bukannya luar. Secara umum, geser mawar seperti semak topiary adalah ide yang buruk, dan akan sulit untuk memulihkan bentuk mawar. Jika cabang semakin terlalu lama, ikuti tebu bahwa semua jalan kembali dan keluarkan di pusat.
Hybrid Musk Roses: pangkas ringan untuk menghapus cluster mekar menghabiskan dan mempertahankan semak bulat di kaki 3-4 (atau lebih tinggi jika Anda memiliki ruang). Musks Hybrid mentolerir lebih pemangkasan berat jika ruang terbatas.
Miniatur Roses: harus dipotong kembali oleh 1/3 di musim semi. Ini mawar sangat tangguh dan dapat dipangkas setiap saat sepanjang tahun untuk membentuk semak.

4 komentar:

  1. Silahkan mengunjungi forumnya orang yang suka berkebun. Tentang semua jenis tanaman, cara merawat, dan lainnya. Ada tanaman GRATIS setiap minggunya http://www.tanaman.id/

    BalasHapus
  2. Terimakasih tutornya sangat lengkap..

    BalasHapus
  3. Artikel apa nih, copas Inggris modal google translate doang

    Yang bikin males

    BalasHapus